Andre Manika Meninggal Mendadak Dalam Tidur, Begini Kronologisnya

Kabar duka datang dari Katon Bagaskara dan Nugie. Sang kakak, musisi Andre Manika meninggal dunia. Kabar ini disampaikan Nugie di akun Instagram terverifikasinya, 29 Juli 2021.

“Sugeng Tindak ke rumah Bapa Kangmas ku mas Andre Manika…banyak inspirasi dan kebaikan darimu jadi panduan kami adik2mu ..kami semua bangga dan sayang padamu Mas,” tulis Nugie.

Kabar duka ditulis personel The Dance Company bersama potret monokrom Andre Manika mengenakan kacamata dan kemeja lengan panjang, berdiri di sisi sebuah pohon.

Hari yang sama, Katon Bagaskara mengabarkan kepergian Andre Manika di akun Instagram terverifikasinya lebih detail. Rupanya, Andre meninggal dengan tenang dalam tidurnya.

“Telah berpulang ke rumah Bapa, kakakku nmr satu yg tercinta, mas Andre Manika.. Yg ngajarin aku bisa main gitar, inspirasiku jadi bisa bikin lagu, bikin puisi,” cuit vokalis KLa Project.

“Mas Andre pergi mendadak semalam dalam tidur. Aku percaya, jiwamu telah tenang di surga,” pelantun “Dinda Di Mana” dan “Negeri Di Awan” berbagi kabar.

Lebih lanjut, Katon Bagaskara berterima kasih kepada almarhum yang dikenal penuh kasih dan baik hati. Semasa hidupnya, kata Katon Bagaskara, Andre Manika aktif dalam proyek sosial.

“Trimakasih banyak atas segala kasih-kebaikanmu bagi kami sekeluarga dan atas semua karya penyembuhan dan karya sosialmu bagi seluruh masyarakat di sekitar. Berkah Dalem. Sugeng Tindak mas Andre,” ia mengakhiri.

Andre Manika adalah singer-song writer berbakat. Pada 1996, ia merilis album Andre Manika di bawah payung M Records. Sayang, album dengan lagu andalan “Sahabat Pena” dan “Dua Belas Bintang” itu kurang dipromosikan dengan maksimal. Andre juga dikenal baik oleh agen slot online terpercaya karena ia sering bermain mesin slot uang asli di tempat ini.

Dari tangan Andre Manika pula, lahir hit besar yang membuat nama Katon Bagaskara sebagai solis mengangkasa, yakni “Negeri Di Awan” serta “Selembut Awan.”

Pada 2003, Andre Manika berkolaborasi dengan Katon Bagaskara dan Nugie dalam album Kidung Cinta. Dirilis Aquarius Musikindo, album ini memfiturkan hit “Cinta Adalah Jawabnya.”

Sosok Andre Manika yang lahir di Rembang 2 November 1962) ini, memang dikenal sebagai seniman musik dan pencipta lagu, hasil karya nya juga sangat diterima dan disenangi pecinta lagu Kla Project atau sering disebut Klanis.

Salah satunya yang berjudul “Negeri Di Awan” disamping lagu ciptaan lainnya Selembut Awan, dan Jalan Sepanjang Malam.

Andre Manika juga pernah terpilih sebagai peserta misi persahabatan Indonesia-Jepang pada tahun 1976 melalui Sanggar Merah Putih.

Sebagai kakak dari Katon Bagaskara dan Nugie, dia meninggalkan kesan serta kenangan terindah dalam keluarganya yang memang semua memiliki jiwa seni.

“Dia yang ngajarin aku bisa main gitar, inspirasiku jadi bisa bikin lagu, bikin puisi. Terima kasih banyak atas segala kasih kebaikanmu bagi kami sekeluarga dan atas semua karya penyembuhan dan karya sosialmu bagi seluruh masyarakat disekitar. Berkah Dalem…Sugeng Sare (selamat tidur) mas Andre,” ujar Katon Bagaskara.

Lirik lagu “Negeri Di Awan” dipopulerkan Kla Project

Dibayang wajahmu, kutemukan kasih yang hidup

Yang lama telah aku cari, dimasa lalu

Kau datang padaku, kau tawarkan hati nan lugu

Selalu mencoba mengerti, hasrat dalam diri

Kau mainkan untukku, sebuah lagu tentang negeri di awan

Dimana kedamaian menjadi istana nya

Dan kini tengah kau bawa, aku menuju kesana

Ternyata hatimu, penuh dengan bahasa kasih

Yang terungkapkan dengan pasti

Dalam suka dan sedih.